Advertisement

Page Ranking Tool

Selasa, 20 April 2010

Kompolnas: Kenapa Susno Dicecar di Bareskrim?

Komisaris Jenderal Susno Duadji diperiksa Tim Independen Polri dalam kasus pajak Gayus Tambunan. Namun, ada perbedaan antara pemeriksaan Susno dengan para saksi dan tersangka lain dalam kasus ini.

Biasanya, Tim Independen memeriksa tersangka dan saksi lainnya di gedung Rupatama Mabes Polri. Tapi perlakuan berbeda diterapkan kepada Susno. Mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) itu diperiksa di bekas kantornya, gedung Bareskrim lantai empat.

Mengapa pemeriksaan kepada dilakukan di Gedung Bareskrim? Pertanyaan itu juga muncul dari mulut Sekretaris Komisi Kepolisian Nasional, Ronny Lihawa.

Saat dihubungi, Ronny mengatakan pemeriksaan Tim Independen seharusnya tidak dilakukan di Bareskrim. Itu bertujuan agar pemeriksaan berjalan dengan independen.

"Maksudnya independen di Rupatama untuk menghindari Bareskrim," kata Ronny, Selasa 20 April 2010.

Namun demikian, Ronny mengatakan pemeriksaan di Bareskrim itu belum tentu melanggar ketentuan. Untuk lebih jelasnya, Ronny menyarankan hal ini ditanyakan kepada polisi.

"Coba saja ditanyakan, selama ini kan di luar Bareskrim, kenapa Pak Susno di Bareskrim," kata dia.

Mengenai perbedaan itu, apa kata Polri? Menurut Pjs Kepala Bidang Penerangan Umum Polri, Kombes Zulkarnaen, perbedaan tempat itu tidak memiliki maksud tertentu.

"Ya sama saja. Tidak ada bedanya kalau di Bareskrim dengan luar Bareskrim," kata Zulkarnaen saat dikonfirmasi.

Susno hari ini diperiksa oleh Tim Independen Polri. Susno yang masuk gedung Bareskrim sekitar pukul 10.05 WIB itu diperiksa oleh lima perwira menengah Polri. Hingga saat ini, Susno masih berada di dalam gedung Bareskrim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar