Advertisement

Page Ranking Tool

Kamis, 22 April 2010

Pohon Megawati Berdampingan dengan Pohon SBY

Hari bumi sedunia diperingati hari ini. Kamis 22 April 2010. Rupa-rupa cara yang dilakukan untuk memperingatinya. Dari membersihkan lingkungan hingga menanam pohon.
Ratusan murid Sekolah Dasar (SD) di Solo, Jawa Tengah, memilih cara yang unik dalam memperingati hari bumi ini. Menanam pohon, tapi setiap pohon diberi nama. Dan nama yang digunakan adalah nama-nama tokoh penting baik nasional maupun di dunia.
Pohon-pohon itu,misalya, diberi nama  Soekarno, Soeharto, Habibie, Gus Dur, Megawati dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Selain nama-nama presiden Indonesia itu, ada juga pohon yang diberi nama sama dengan nama Presiden Amerika Serikat Barack Obama.
Pohon-pohon yang mengunakan nama-nama mantan presiden dan presiden ini ditanam secara berurutan menurut masa jabatannya. Jadilah pohon Megawati berdampingan dengan pohon SBY.

Bukan cuma politisi, , tokoh olahraga, seperti Lionel Messi, Ronaldo, Taufik Hidayat dijadikan nama pohon-pohon itu. Mudah-mudahan tumbuh menjulang, semenjulang karir para olahragawan itu.
Pohon-pohon itu ditanam di area Technoparkkota Solo.Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM ),Lingkar Rimba Lestari, Agus Sudarto menuturkan  bahwa peringatan hari bumi dengan cara menanam pohon itu sekaligus untuk mensukseskan gerakan Menanam 1 miliar pohin yang dicanangkan Kementrian Kehutanan RI.

Pohon-pohon yang ditanam, kata Agus Sudarto,  merupakan tanaman produktif seperti  sawo, nangka dan jambu. "Tanaman-tanaman tersebut  memiliki nilai ekonomis. Sehingga ke depan, para siswa bisa merasakan hasilnya," tutur Agus.
Salah seorang murid yang membawa pohon dengan nama Almarhum Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Anlia, mengatakan pohon ini ditanam untuk menghormati pemimpin bangsa Gus Dur. "Untuk mengenang beliau tidak harus dengan membangun monumen. Tetapi dengan menanam pohon pun sudah cukup," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar