Advertisement

Page Ranking Tool

Sabtu, 22 Mei 2010

126 Ribu Peserta Ikut Ujian Masuk PTN

Sebanyak 12 perguruan tinggi secara serentak menggelar Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UMB PTN). Tahun ini, 126.404 peserta tercatat untuk mengikuti seleksi masuk PTN selain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Sekretaris UMB PTN Sutjipto mengatakan, tahun ini peserta lebih banyak dibanding peserta tahun lalu yang diikuti 74.544 peserta.

Adapun peserta yang mendaftarkan di Jakarta sebanyak 37.453 peserta. Mereka membeludak di dua lokasi ujian, yaitu Universitas Indonesia dan Universitas Negeri Jakarta. "Alhamdulillah, penyelenggaraan tahun ini lancar," kata Sutjipto, Sekretaris Perhimpunan SPMB Nusantara, yang merupakan panitia UMB PTN, di Jakarta, Sabtu 22 Mei 2010.

Adapun perbedaan tahun ini adalah tingkat persaingan yang meningkat. Jika pada 2008 tingkat penerimaan hanya 1:4, pada 2009 (1:9), sedangkan tahun ini 1:12.

"Ini juga diakibatkan meningkatnya jumlah PTN yang ikut UMB. Sebelumnya ada 7, berarti tambah 5," kata Ketua Panitia UMB PTN Asman Boedhisantoso..

Adapun PTN yang menjadi peserta UMB PTS tahun ini adalah Universitas Indonesia (Depok, Jakarta), Universitas Negeri Jakarta, Universitas Malikus Saleh (Aceh), Universitas Syiah Kuala (Aceh), Universitas Sumatera Utara (Medan), Universitas Negeri Padang, Universitas Andalas (Padang), Universitas Jambi, Universitas Islam Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri Makassar, Universitas Palangkaraya, dan  Universitas Negeri Semarang.

credit : www.bareng.us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar