Advertisement

Page Ranking Tool

Sabtu, 22 Mei 2010

Isu Penting yang Dibahas Demokrat Hari Ini

Kongres II Partai Demokrat telah dibuka secara resmi oleh Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Jumat malam, 21 Mei 2010.

Hari ini, Sabtu 22 Mei 2010, para peserta kongres akan mulai bersidang. Beberapa agenda telah disiapkan, yang pertama, menggodok tata tertib yang akan dimulai sekitar pukul 09.00, di Hotel Mason Pine, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung.

Ada beberapa isu panas yang akan dibahas hari ini. Yakni, mengenai mekanisme rapat yang tertutup, pemungutan suara sistem elektronik, dan syarat pencalonan, serta pelembagaan Majelis Tinggi.

Soal pemungutan suara elektronik, sebelumnya, Juru Bicara Tim Marzuki Alie, Max Sopacoa, sudah menyatakan keberatan. Alasannya sistem itu belum pernah disimulasikan.

Yang juga ramai dibincangkan adalah mengenai perubahan AD/ART. Ada perubahan struktur partai di mana ada badan baru yang disebut Majelis Tinggi.

Keputusan strategis yang akan dibuat oleh Majelis Tinggi ini antara lain penentuan calon presiden dan wakil presiden, penentuan nama menteri, gubernur serta keputusan lainya.

Majelis Tinggi itu akan beranggota 9 orang. Terdiri dari wakil dari Dewan Pembina, DPP dan Dewan Pertimbangan. Ketua Dewan Pembina otomatis menjadi Ketua Majelis Tinggi.

Sementara, soal pencalonan, saat ini beredar informasi salah satu syarat Ketua Umum Partai Demokrat tidak sedang menjadi pimpinan eksekutif ataupun legislatif. Sementara, salah satu calon, Marzukie Alie saat ini menjawab sebagai Ketua DPR RI.

Kongres II Partai Demokrat ini akan menjadi ajang pemilihan ketua umum baru menggantikan Hadi Utomo. Tiga kandidat yang akan bertarung adalah Andi Mallarangeng, Anas Urbaningrum, dan Marzuki Alie.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar