Advertisement

Page Ranking Tool

Selasa, 23 Februari 2010

Dari UGM Untuk Ibu Obama

Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, jadi salah satu lokasi yang akan dikunjungi Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, 21 Maret 2010 mendatang.

Dalam kunjungan ke kampus biru, Obama akan mendapat paparan rencana penyerahan penghargaan pada ibunya, Ann Dunham. Penghargaan itu akan diberikan saat konferensi ‘Local Wisdom Global Solution’  Oktober mendatang.

"Ada penghargaan buat ibunya atas karya disertasi beliau tentang UKM di wilayah Jawa Tengah," kata Ketua Konferensi Local Wisdom, Wiendu Nuryanti, seperti dimuat laman Universitas Gadjah Mada.

Penghargaan pada Ann Dunham didasarkan atas dedikasi dan jasanya dalam meneliti ilmu ekonomi antropologi.

"Ibu Obama sangat berjasa dalam microfinancing UKM dibidang ekonomi antropologi. Penelitian ini di lakukan di Jawa Tengah," tambah dia.

Dikatakan Wiendu, kunjungan Obama ke UGM sebenarnya tidak terkait dengan rencana penyerahan penghargaan tersebut. Sebab, penyerahan penghargaan telah disiapkan sejak awal sebelum adanya rencana kunjungan Obama.

"Penghargaan untuk menghormati karya ibunya sebagai seorang antropolog memang sudah kita siapkan dalam  konferensi ini. Secara kebetulan saja Obama juga mau ke sini [UGM], sekaligus kita sampaikan perihal penghargaan itu,” kata Wiendu.

Pelaksanaan Konferensi Local wisdom direncanakan  berlangsung pada bulan Oktober 2010 dengan menghadirkan pembicara kunci mantan wapres AS Al Gore dan penerima nobel perdamaian 2006 dari Bangladesh Prof. Muhammad Yunus serta 500 ilmuwan, praktisi, dan industri dari dalam dan luar negeri.

Ann Dunham melakukan penelitian selama 14 tahun di tengah pengrajin pedesaan di Pulau Jawa. Disertasinya tentang kajian antropologi tentang pengrajin pedesaan di Indonesia.

Dunham menyelesaikan studinya hanya selang tiga tahun sebelum meninggal di tahun 1995.

Disertasinya sudah diterbitkan menjadi buku. Di Indonesia, buku Ann Dunham berjudul 'Pendekar-pendekar Besi Nusantara: Antropologi tentang Pandai Besi Tradisional di Indonesia' telah beredar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar