Advertisement

Page Ranking Tool

Kamis, 25 Februari 2010

RI - Kamboja Pererat Kerjasama Antar Parlemen

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Indonesia dan Senat Kamboja sepakat membentuk Kaukus Persahabatan untuk mempererat hubungan bilateral. Kedua pihak pun mendukung kerjasama pertanian, budaya, dan pariwisata antar kedua negara.

Demikian kesepakatan antara Wakil Ketua DPD, Laode Ida, dengan Presiden Senat Kamboja, Chea Sim, di Phnom Penh, Rabu 24 Februari 2010. Pertemuan itu merupakan bagian dari kunjungan kerja Laode ke Kamboja.

Dalam pertemuan dengan Laode, Chea menyampaikan apresiasinya atas hubungan baik kedua negara, khususnya dengan peran penting Indonesia dalam mewujudkan perdamaian di Kamboja.

"Hubungan baik tersebut, perlu juga ditingkatkan di antara kedua lembaga legislatif dengan mengeskplorasi kesamaan potensi kedua negara seperti di sektor pertanian maupun potensi seperti budaya dan pariwisata," kata Chea seperti dikutip dalam siaran pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Phnom Penh.

Kedua pihak juga sepakat mendorong potensi kerjasama di tingkat pemerintah daerah di bidang ekonomi, sosial dan budaya. Indonesia dan Kamboja juga saling dukung di berbagai forum internasional, termasuk dalam kerangka ASEAN Interparliamentary Assembly (AIPA), Asian Parliamentary Assembly (APA) maupun Inter-Parliamentary Union (IPU) .

Dalam pertemuan itu, Laode didampingi Ngurah Swajaya, mantan Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Kamboja yang segera menempati pos baru sebagai Dubes untuk ASEAN, dan 5 anggota DPD.

Selain bertemu dengan pemimpin Senat Kamboja, delegasi DPD dijadwalkan juga bertemu dengan Perdana Menteri Hun Sen dan Ketua DPR Kamboja, Heng Samrin. Delegasi DPD juga berkunjung ke sentra industri pangan dan lokasi pertanian di Kamboja.

Kunjungan DPD RI ke Kamboja kali ini akan juga  ditindaklanjuti dengan berbagai program tukar menukar informasi dan best practices antara kedua lembaga legislatif guna meningkatkan kapasitas antar lembaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar