Advertisement

Page Ranking Tool

Rabu, 24 Februari 2010

Kepercayaan Konsumen Turun, Saham Anjlok

Indeks bursa saham di Wall Street berguguran setelah investor mendapat laporan terbaru anjloknya tingkat kepercayaan konsumen di Amerika Serikat (AS). Data itu mengingatkan para investor bahwa jalan pemulihan ekonomi tampak masih panjang. 

Di akhir transaksi Selasa sore waktu New York (Rabu dini hari WIB), indeks harga saham industri Dow Jones turun 100,97 poin (1 persen) menjadi 10.292,41. Indeks Standard & Poor's 500 juga turun, 13,41 poin (1,2 persen) menjadi 1.094,60. Begitu pula dengan indeks komposit Nasdaq, melemah 28,59 poin (1,3 persen) menjadi 2.213,44.

Penurunan itu merupakan reaksi kekecewaan para investor setelah lembaga survei The Conference Board memaparkan bahwa indeks kepercayaan konsumen di bulan Februari turun, dari 56,5 poin pada bulan lalu menjadi 46 poin. Jumlah itu jauh di bawah proyeksi para ekonom yang disurvei Thomson Reuters, yang memperkirakan penurunan tidak lebih rendah dari 55 poin.

Hasil itu menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan konsumen saat ini masih jauh dari harapan untuk memperkuat ekonomi AS. Pasalnya, menurut para pengamat, indeks kepercayaan konsumen harus bisa mencapai poin di atas 90 untuk memastikan percepatan pemulihan ekonomi.

Pasalnya, belanja konsumen mempengaruhi 70 persen dari seluruh kegiatan ekonomi AS. Maka, bila belanja konsumen masih rendah sulit diharapkan untuk segera menyaksikan pemulihan ekonomi di Negeri Paman Sam.

Survei dari The Conference Board itu sejalan dengan proyeksi sejumlah perusahaan produk konsumen yang muncul sehari sebelumnya. Perusahaan seperti Lowe's dan Campbell Soup merasa tidak yakin bahwa belanja konsumen atas produk-produk mereka selama beberapa bulan ke depan akan meningkat.

"Konsumen masih belum yakin akan situasi saat ini," kata J. Garrett Stevens, pengamat dari FaithShares. "Selama belum ada tren positif secara konsisten, kondisi masih akan sarat dengan gejolak ," lanjut Stevens. (Associated Press)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar