Advertisement

Page Ranking Tool

Kamis, 25 Februari 2010

Mogok Kerja dan Unjuk Rasa Repotkan Yunani

Sekitar 25.000 orang ramai-ramai mogok kerja untuk berdemonstrasi di ibukota Yunani, Athena, Rabu 24 Februari 2010 waktu setempat. Namun protes atas kebijakan ekonomi pemerintah itu diwarnai baku hantam antara polisi dengan sebagian demonstrasi.

Laman stasiun televisi al-Jazeera mengungkapkan, aksi turun ke jalan ini merupakan bagian dari aksi mogok kerja selama 24 jam tahap kedua, yang digelar dalam dua pekan terakhir.

Gara-gara aksi mogok kerja itu, pemerintah Yunani menutup lalu lintas untuk semua layanan penerbangan. Sedangkan kereta dan kapal ferry tidak beroperasi dan situs-situs arkeologi tutup sepanjang Rabu.

Demonstrasi ini terjadi di tengah mogok kerja nasional oleh serikat kerja swasta dan publik akibat kemarahan atas langkah pemerintah untuk membekukan gaji pegawai sipil, penambahan usia pensiun, dan kenaikan pajak.
Bagi pemerintah Yunani, kebijakan itu terpaksa dilakukan demi mengatasi krisis utang, seperti yang disarankan Uni Eropa, yang berkomitmen memberi bantuan.

"Hari ini, mata Eropa mengarah pada kami, hari ini kami berdemonstrasi demi harapan dan masa depan, untuk membatalkan tindakan pemerintah itu," kata Yannis Panagopoulos, ketua serikat pekerja swasta GSEE, di hadapan massa. Aksi protes juga dilakukan oleh sekitar 7 ribu orang di Thessaloniki, kota terbesar kedua di Yunani.

Aksi mogok kerja ini merupakan aksi gabungan pertama di Yunani sejak pemerintahan Sosial memenangkan pemilihan pada Oktober tahun lalu.
Michalis Korileos, pegawai negeri sipil berusia 36 tahun, mengatakan pada kantor berita Associated Press, alasannya mogok kerja adalah karena "orang lain yang mencuri uang, tetapi kami yang harus membayar. Mereka memotong penghasilan saya, padahal saya punya dua anak yang harus dibesarkan. Kondisi ini sangat sulit," kata Korileos.

Aksi ini terjadi saat pejabat-pejabat Uni Eropa berkunjung untuk membantu apakah Yunani sudah berada di jalur yang benar untuk mengurangi defisit dua digit mereka.

Sayangnya, unjuk rasa itu diwarnai baku hantam antara petugas keamanan dan para demonstran. Sekitar 50 pemuda di Athena melempar molotov ke petugas yang ditanggapi polisi dengan menyemprotkan gas air mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar