Advertisement

Page Ranking Tool

Rabu, 24 Februari 2010

Kasus Century, PAN Tidak Sebut Nama

Partai Amanat Nasional (PAN) dalam pandangan akhir pemeriksaan kasus PT Bank Century Tbk tidak menyebut nama yang diduga bertanggung jawab dalam proses penyelamatan bank tersebut.

Juru bicara PAN di Pansus Century Asman Abnur mengatakan, kasus Century menunjukkan lemahnya pengawasan Bank Indonesia (BI) dalam proses merger dan akuisisi bank.

Kondisi itu memicu penyimpangan yang dilakukan pemilik dan manajemen Bank Century. Pemilik bank akhirnya melakukan manipulasi terhadap dana nasabah.

"Untuk itu, kami mendesak agar memprosesnya secara hukum," kata Asman di gedung DPR, Jakarta, Selasa 23 Februari 2010.

Dalam kesimpulannya, PAN juga meminta aparat berwenang untuk mengembalikan dana yang dilarikan ke luar negeri kepada nasabah.

PAN juga meminta pemerintah untuk memperkuat peraturan, karena potensi krisis global yang berdampak ke dalam negeri masih berpotensi terjadi.

"Kami juga mendesak untuk segera diselesaikan pengesahan RUU Otoritas Jasa Keuangan," ujar Asman.

Hal itu untuk memberikan fungsi pengawasan di industri keuangan dan pasar modal.
Selain itu, dalam kesimpulannya, PAN meminta penuntasan aliran dana Century dengan tidak menimbulkan kecurigaan. Partai berlambang matahari itu juga meminta proses penyeleksian pemilik dan pengelola bank, karena potensi adanya bank gagal masih bisa terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar