Advertisement

Page Ranking Tool

Senin, 22 Maret 2010

Presiden Venezuela Siap Tempur di Dunia Maya

Presiden Venezuela, Hugo Chavez, berencana mulai menulis di blog pribadi. Presiden yang pekan lalu dikabarkan akan mengeluarkan peraturan untuk mengontrol internet ini berniat melakukan komunikasi dengan jutaan orang di dunia.

“Saya akan memiliki 'jalur pertempuran' sendiri di internet,” kata Chavez dalam acara bincang-bincang mingguan setiap Minggu bertajuk Hello, Presidente. Menurut Chavez, satu set komputer telah diletakkan di sebuah ruangan di istana kepresidenan Miraflores.

Dari komputer itu, Chavez akan terhubung langsung ke dunia maya untuk memberikan informasi mengenai siapa orang yang dia temui, peraturan apa yang sedang dia tandatangani, dan segala urusan kepresidenan.

“Saya akan berkomunikasi dengan jutaan orang, tidak hanya di Venezuela, tetapi di seluruh dunia,”kata Chavez tanpa menyebutkan kapan tanggal pasti blog pribadinya bisa mulai dibaca pengguna internet.

Chavez juga akan menggunakan blog untuk merespon komentar dan pertanyaan dari pembaca, baik pendukung maupun penentangnya. “Ini akan sungguh-sungguh menjadi sebuah pertempuran,” ucap Chavez, seperti dikutip dari laman Wall Street Journal, 22 Maret 2010.

Rencana blogging Chavez diungkapkan satu pekan setelah dia menciptakan hujan kecaman karena mengatakan bahwa pembuat kebijakan perlu untuk mulai mengontrol internet. Sarana internet sering dimanfaatkan kalangan oposisi untuk menggerakkan massa agar bisa menggelar demonstrasi menentang Chavez.

“Internet tidak bisa bebas dari peraturan dengan mengungkapkan apa saya yang kalian suka,” kata Chavez pada 13 Maret lalu. “Masing-masing negara perlu membuat peraturan dan norma masing-masing,” ucapnya ketika itu.

Namun Minggu kemarin, Chavez menyangkal rencana pemerintah untuk membatasi atau mengontrol internet. Menurutnya, apapun rencana pemerintah yang berkaitan dengan internet hanya akan membuat rakyat Venezuela berekasi. Chavez pernah mendapat kritik tajam karena menutup belasan stasiun televisi dan radio yang sering berlawanan dengannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar