Advertisement

Page Ranking Tool

Senin, 29 Maret 2010

Keterangan Gayus ke Satgas Sudah di BAP

Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum sudah tiga kali memeriksa Gayus Tambunan. Keterangan pegawai Direktorat Jenderal Pajak itu pun kini sudah diserahkan ke kepolisian untuk dibuatkan Berita Acara Pemeriksaan.

"Keterangan Gayus lewat Satgas sudah di BAP polisi resmi," kata Sekretaris Satgas, Denny Indrayana, di Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin 29 Maret 2010.

Menurut Denny, kini satgas masih menelaah pengakuan Gayus itu. "Sekarang biarkan tim melakukan pendalaman agar kasus ini segera terungkap," ujarnya.

Gayus merupakan PNS golongan III A di Ditjen Pajak yang saat ini masih menjadi terdakwa kasus penggelapan dana pajak. Kasus ini mencuat setelah temuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) yang menemukan aliran dana tidak wajar ke rekening Gayus. Selain rekening, Gayus juga memiliki sejumlah harta berupa properti dan kendaraan yang mewah.

Istri Gayus, Milana Anggraeini merupakan pegawai golongan IIIA DPRD DKI. Seperti suaminya, gaya hidup Milana juga cukup mencolok. Setiap kali ke kantor, ia biasa diantar sopir yang mengendari Mercy atau Ford Everest yang paling murah seharga Rp 350 juta.

Sebelum bekerja di bagian banding, Gayus sebetulnya dikenal cukup tegas dalam menangani parawajib pajak. Dari 17 keberatan sebanyak 15 ditolaknya.

Prestasi itu mulai buram saat dia ditugaskan di bagian banding pertengahan 2007.  Gayus yang tangguh terlihat mulai lembek melawan wajib pajak. Dari 51 kasus keberatan, sebanyak 40 kasus, Ditjen Pajak kalah.

KISTDA menemukan unsur-unsur pelanggaran kode etik dan disiplin tingkat berat dalam kasus penggelapan dana pajak serta kepemilikan rekening sampai Rp 25 miliar. Pemeriksaan Gayus sendiri dilakukan KITSDA pada 22-23 Maret 2010.

Saat ini Gayus tidak ada di Tanah Air. Ia diduga sudah kabur ke Singapura setelah sempat curhat kepada Satgas Antimafia Hukum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar