Advertisement

Page Ranking Tool

Senin, 29 Maret 2010

Kenapa Susno Diam-diam Temui Andi Kosasih?

Mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri, Komjen Susno Duadji diam-diam pernah bertemu dengan Andi Kosasih saat dirinya masih menjabat sebagai Kabareskrim. Lalu, apa motivasi Susno memanggil dan bertemu dengan Andi Kosasih yang semula mengaku memiliki uang Rp 24,6 miliar dalam rekening Gayus?

"Ya karena Pak Susno itu melihat kok semudah itu penyidik mempercayai pengakuan seseorang yang muncul bernama Andi Kosasih," kata kuasa hukum Susno, Henry Yosodiningrat di Jakarta, Senin 29 Maret 2010.

"Makanya Pak Susno di luar sepengetahuan penyidik dangan caranya Pak Susno dipanggil dan di situlah ditanya," imbuh Henry.

Namun, Henry mengatakan tidak mengetahui apa isi detil pembicaraan antara Susno dengan Andi Kosasih. "Apa dialognya ya tanya saja Andi Kosasih," kata dia.

Henry hanya mengatakan dalam pertemuan itu Susno bertanya kepada Andi Kosasih siapa sebenarnya pemilik uang Rp 24,6 miliar dalam rekening Gayus Tambunan. Akhirnya, setelah didesak, Andi Kosasih mengakui bahwa uang itu bukan miliknya. "Ya mengaku kalau itu bukan uang dia," kata dia.

Dari pengakuan itu, Henry mengatakan terindikasi adanya tekanan kepada Andi Kosasih untuk mengakui sisa uang itu sebagai miliknya. Namun, Henry tidak menyebutkan siapa orang yang menekan Andi. "Nah itu siapa yang menyuruh, itu yang perlu ditelusuri Mr X itu," kata dia.

Sebagaimana diketahui, kayus Gayus ini bermula dari laporan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan pada 2009. PPATK melaporkan adanya transaksi mencurigakan dalam rekening pegawai Dirjen Pajak, Gayus Tambunan.

Penyidik Polri pun mengadakan penyidikan terhadap laporan itu. Namun uang yang dinyatakan terkait tindak pidana hanya sekitar Rp 395 juta. Sementara sisanya sekitar Rp 24,6 miliar diakui oleh Andi Kosasih. Belakangan, Andi dinyatakan telah berbohong atas pengakuannya tersebut. Andi ternyata hanya dibayar sekitar Rp 1,9 miliar dari uang tersebut.

Kini, Andi Kosasih telah ditahan oleh Penyidik Bareskrim Mabes Polri. Sementara, Gayus Tambunan yang divonis bebas dalam kasus ini, kini telah melarikan diri tak diketahui rimbanya. Diduga, Gayus telah kabur ke luar negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar