Advertisement

Page Ranking Tool

Senin, 29 Maret 2010

Pengakuan Andi Kosasih Kepada Susno Duadji

Mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri, Komjen Susno Duadji pernah bertemu dengan Andi Kosasih. Kepada Susno, Andi Kosasih mengakui uang Rp 24,6 miliar di rekening Gayus itu bukan miliknya.

"Betul ketemu itu setelah dinyatakan bahwa uang itu adalah punya Andi Kosasih," kata kuasa hukum Susno, Henry Yosodiningrat di Jakarta, Senin 29 Maret 2010.

Henry tidak menyebutkan kapan dan dimana pertemuan antara Susno dengan Andi Kosasih dilakukan. Dia hanya mengatakan pertemuan itu setelah Andi Kosasih dipanggil oleh Susno. "Setelah dipanggil, ditanya, ditekan oleh Pak Susno ternyata di situ baru dia mengakui," kata dia.

Lalu, apa pengakuan Andi Kosasih kepada Susno? "Ya mengaku kalau itu bukan uang dia," kata dia.

Dari pengakuan itu, Henry mengatakan terindikasi adanya tekanan kepada Andi Kosasih untuk mengakui sisa uang itu sebagai miliknya. Namun, Henry tidak menyebutkan siapa orang yang menekan Andi. "Nah itu siapa yang menyuruh, itu yang perlu ditelusuri Mr X itu," kata dia.

Selain itu, dia mengatakan Susno tidak pernah mengatakan nama-nama orang yang menekan Andi Kosasih kepadanya. "Tidak disebutkan siapa yang menekan itu. Hanya ada yang mengarahkan, ada yang mengatur skenarionya menurut Pak Susno," kata dia. "Jadi mengatur seolah-olah ini punya ini."

Henry mendesak kepada para polisi untuk mengusut tuntas siapa orang yang menekan Andi Kosasih untuk mengakui kepemilikan uang Rp 24,6 miliar tersebut. "Itulah fungsi penyidikan yang sekarang ini, untuk membongkar itu, siapa yang menyuruh dia. Kemudian uang itu kemana," kata dia.

Namun demikian, Henry mengatakan harus mengedepankan asas praduga tak bersalah dalam mengusut kasus ini. "Kita nggak mau, kita harus tetap berprasangka baik terhadap nama-nama yang telah disebutkan," kata dia.

Tapi, jika Susno mendapat pengakuan Andi Kosasih mengapa tidak segera menahan Gayus saat itu? "Sebab tidak semuanya perintah dari Kabareskrim yang tanda tangan juga bukan Kabareskrim. Mengenai tata cara, biar jelas tanya penyidik," kata dia.

Selain itu dia juga mengatakan Susno telah menyuruh para penyidik untuk melakukan pemberkasan terhadap Andi Kosasih. Namun perintah tersebut tidak dijalankan. "Sudah itu. Tapi kan beberapa hari kemudian Pak Susno dicopot dari jabatannya sebagai Kabareskrim pada tanggal 24 November, tanggal 25 Pak Susno pulang kampung. Terus 26 pembukaan blokir," kata dia.
Andi kini ditahan penyidik Mabes Polri karena pengakuan palsunya sebagai pemilik uang sebesar Rp 24,6 miliar yang ada di rekening Gayus Tambunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar