Advertisement

Page Ranking Tool

Senin, 29 Maret 2010

Obama Diam-diam Kunjungi Afganistan

Di bawah kerahasiaan yang ketat, Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, terbang ke Afganistan, Minggu 28 Maret 2010. Kunjungan Obama untuk menegaskan komitmen kuat AS dalam memberantas jaringan teroris al-Qaida dan milisi Taliban yang masih bercokol di Afganistan dalam perang selama delapan tahun.

Selama kunjungan rahasia di Afganistan selama enam jam, Obama tak hanya menemui para pejabat setempat namun juga menyambangi kamp militer AS di Bagram, sebelah utara Ibukota Kabul.

Kepada para tentara, Obama menyatakan bahwa kemenangan mereka dalam misi militer di Afganistan penting bagi keamanan rakyat Amerika. "Mereka yang berada di rumah sangat bergantung kepada kalian. Kita tidak dapat lupa alasan kita berada di sini," kata Obama merujuk serangan teroris di AS pada 11 September 2001.

Sebelumnya, Obama bertemu dengan Presiden Afganistan, Hamid Karzai dan para menterinya. Dia menyatakan puas atas kemajuan yang dilakukan pemerintah Afganistan sejak mereka berkomunikasi melalui sambungan video satelit pada 15 Maret lalu. Obama pun mengundang Karzai untuk ke Washington pada 12 Mei mendatang.

Namun, Obama berpesan kepada Karzai bahwa pemerintah Afganistan harus menciptakan situasi yang lebih stabil. "Kemajuan akan terus dibuat...namun kita juga menginginkan kemajuan yang berkelanjutan di sektor sipil," kata Obama merujuk kepada upaya anti korupsi, tata kelola pemerintahan yang baik, dan penegakan hukum.

Ini merupakan kunjungan Obama yang pertama ke Afganistan sebagai presiden AS.

Sejak menggelar operasi di Afganistan pada akhir 2001, sebanyak 945 personil militer AS tewas, baik di Afganisttan, Pakistan, dan Uzbekistan. Pada Desember tahun lalu, Obama memerintahkan 30.000 tentara tambahan ke Afganistan untuk memerangi Taliban.

Hingga kini pasukan baru AS terus berdatangan dan sebagian besar sudah siap bertugas pada pertengahan tahun ini. AS sudah berencana menyiapkan sekitar 100.000 personil militer ke Afganistan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar