Advertisement

Page Ranking Tool

Jumat, 26 Maret 2010

Tokoh-tokoh Muda di Bursa Ketua Umum Demokrat

Kongres Partai Demokrat baru akan berlangsung Mei mendatang.  Namun bursa pencalonan Ketua Umum Demokrat sudah ramai diperbincangkan.  Kali ini sejumlah politisi muda Partai Demokrat tampak mendominasi daftar bursa.

“Rata-rata yang maju adalah tokoh-tokoh muda yang cerdas dan energik,” ujar Sekjen Demokrat, Amir Syamsuddin, kepada VIVAnews, Kamis 25 Maret 2010.

Sejauh ini, setidak-tidaknya terdapat lima politisi Demokrat yang menyatakan diri siap maju untuk memimpin partai tersebut.  Mereka adalah Ketua DPP dan Ketua Fraksi Demokrat, Anas Urbaningrum; Ketua DPR, Marzuki Alie; Ketua Departemen Demokrat, Andi Mallarangeng; Ketua DPP Demokrat, Agus Hermanto; dan Wakil Ketua Komisi IV, DPR Djafar Hafsah.

“Ini adalah gejala yang sangat bagus.  Calon-calon tersebut rata-rata sudah dikenal luas oleh masyarakat,” kata Amir menanggapi positif ramainya bursa pencalonan Ketua Umum Demokrat.  Dengan mendeklarasikan diri dari awal, kata Amir, artinya calon-calon itu juga menyampaikan pesan tentang kesiapan mereka kepada partai sekaligus masyarakat luas.

Dengan demikian, imbuh Amir, masyarakat bisa menilai sendiri kapabilitas dari calon-calon pemimpin masa depan Demokrat. “SBY pun membuka pintu demokrasi selebar-lebarnya untuk pemilihan Ketua Umum nanti,” ujar Amir. Menurutnya, SBY selaku Ketua Dewan Pembina Demokrat ingin agar pemilihan Ketum Demokrat mencerminkan demokrasi yang sebenarnya.

Namun Amir mengaku belum mengetahui bagaimana mekanisme jalannya pemilihan Ketum itu nantinya.  “Hal itu tergantung Kongres,” kata Amir.

Bila terdapat dukungan dominan yang nyata untuk salah satu calon, terang Amir, maka bukan tak mungkin jalan aklamasi yang akan dipilih.  Tapi jika misalnya terdapat dua calon yang dukungannya sama-sama kuat, maka bisa saja dilakukan proses voting berdasarkan suara terbanyak.

Sebelumnya, Anas Urbaningrum telah mendeklarasikan kesiapannya pada 22 Maret lalu di Hotel Clarion, Makassar.  Djafar Hafsah pun telah menyatakan kesiapannya pada 23 Maret.  Terakhir, Andi Mallarangeng hari ini baru saja mengumumkan bahwa ia akan mendeklarasikan diri secara resmi pada 28 Maret nanti di Tugu Proklamasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar